Jumat, 02 Januari 2015

Ketika kita Berdoa

Doa merupakan salah satu bentuk komunikasi kita kepada Sang pencipta, Allah SWT.

Allah SWT. berfirman:
"... Dan Rabbmu berfirman, 'Berdoalah kepada-Ku, nisaya akan Ku perkenankan bagimu'. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk ke neraka jahannam dalam keadaan hina-dina"(Q.S. Ghafir:60)

Waktu yang baik untuk berdoa
Hendaknya doa diucapkan pada waktu-waktu yang mulia, seperti Arafah, bulan Ramadhan, hari Jumat, dan waktu sahur. Hendaknya juga dijaga keadaan-keadaan yang mulia, seperti ketika turun hujan, dalam barisan peperangan di jalan Allah, dan ketika sujud. Sebagaimana Hadist Abu Hurairah ra. dari Rasulullah saw., bahwa beliau bersabda:
"Keadaan paling dekat antara seorang hamba dengan Rabbnya adalah ketika dia dalam keadaan sujud, karena itu perbanyaklah doa" (H.R. Muslim).

Jangan pernah ragu dengan kekuatan Doa dan kebesaran Allah SWT.
kalo zaman KKN dulu, ada salah satu temen liat notes Saya di handphone yang isinya Impian Saya beserta tahun-tahun target pencapaian. Waktu saya buka lagi notes itu, ternyata diam-diam dia mengganti tahun-tahun target pencapaian yang saya buat dengan waktu yang lebih dipercepat. Di bawah notes itu dia sisipkan kata-kata: "Nin, kalo berdoa jangan tanggung-tanggung. Allah pasti akan ngasih yang terbaik"
Kata-kata itu selalu terngiang dalam pikiran Saya. Masya Allah. Semoga itu menjadi motivasi Saya untuk lebih baik dan selalu semangat.

Yaa, jangan pernah ragu dengan doa yang kita panjatkan dan jangan sekali-kali berucap "Aku sudah berdoa, tapi tidak dikabulkan".


Dari Abu Hurairah ra., sesungguhnya Rasulullah saw. bersabda:' Setiap doa yang kalian panjatkan akan diterima selama tidak tergesa-gesa, yang ia berkata, 'Aku sudah berdoa, tetapi tidak dikabulkan". (H.R. Bukhari).

Jangan pernah berputus asa dengan ikhtiar yang sudah Kamu lakukan dan jangan pernah lelah untuk berdoa. Berserah dirilah kepada-NYA dan gantungkan semua harapmu hanya kepada Allah SWT.

Dari Abu Sa'id Al-Khudri, sesungguhnya Nabi Muhammad saw. bersabda: "Tidak ada seorang muslim yang berdoa dan di dalamnya tidak ada dosa (syirik) dan tidak pernah memutuskan silaturahim, kecuali Allah memberinya satu dari tiga pilihan, yaitu doanya segera dikabulkan, atau doanya disimpan sebagai tabungan akhirat, atau pun dipalingkan darinya kesalahan yang setara dengan doa yang diucapkannya" (H. R. Hakim).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar